Teknologi Kesehatan Canggih yang Bisa Kamu Coba

Seperti yang sudah diketahui bahwa teknologi ini banyak sekali jenis dan manfaatnya. Salah satunya adalah teknologi kesehatan. Lalu apa manfaat teknologi kesehatan itu? Berikut ulasannya :

Manfaat Teknologi Di Bidang Kesehatan

Dengan adanya teknologi telah mengubah wajah dunia kesehatan yang lebih canggih dan modern. Berikut ini manfaat teknologi di bidang kesehatan :
  • Ramah lingkungan : Dengan adanya teknologi bisa memungkinkan dokter serta pasien untuk saling berinteraksi dalam lingkungan yang lebih nyaman dan aman untuk membahas hal-hal yang sensitif
  • Fleksibilitas : Dengan teknologi dokter bisa menjawab pertanyaan rutin dan kurang kritis pada waktu yang tepat
  • Efisiensi waktu dan biaya :  Dalam hal ini dokter bisa ikut memberikan saran kepada pasien dengan cara berkomunikasi via internet. Sehingga dengan cara ini tentunya bisa memangkas waktu dan biaya. Karena pasien tidak perlu datang langsung ke rumah sakit / klinik untuk sekedar berkonsultasi kepada dokter.
  • Perangkat Medis : Dengan penggunaan teknologi, dimana alat bantu medis yang semakin canggih yang memungkinkan pasien untuk bisa melanjutkan pemulihan di rumahnya sehingga bisa menghemat biaya pasien karena tidak perlu dirawat di rumah sakit.
  • Rentan Populasi : Dengan adanya teknologi, bisa membantu orang tua, pasien muda, dan cacat lahir yang kompleks, penyakit kronis, dan anak-anak cacat, dengan mengurangi masalah mereka sehingga bisa terus tinggal di rumahnya.
teknologi kesehatan


Contoh-Contoh Teknologi Kesehatan

1. Melafind: Scanner Kanker Kulit Berbasis Gelombang Elektromagnetik
Melafind merupakan alat yang berfungsi sebagai detektor yang mampu membedakan tahi lalat yang tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma), sejenis kanker mematikan yang menyerang kulit dan memiliki bentuk yang mirip dengan tahi lalat. Untuk pemeriksaan melanoma ini, pada umumnya menggunakan sampel jaringan atau lebih sering disebut dengan biopsi. Tetapi juga, terkadang prosedur ini dianggap tidak efektif karena bisa saja tahi lalat yang dicurigai sebagai kanker ternyata tidaklah berbahaya. Selain itu juga, peralatan ini memanfaatkan teknologi fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnet. Sehingga, data yang didapat dicocokkan dengan database melanoma yang telah dikumpulkan sebelumnya.
2. Aspirin Dengan Model Elektrik

Pada umumnya, masyarakat di Indonesia yang mengalami sakit kepala dan pusing dapat diredakan dengan menggunakan aspirin. Tetapi, pada saat ini para ilmuwan telah berhasil mengembangkan perangkat kesehatan canggih yang mampu untuk melawan rasa sakit akibat migrain dan sakit kepala. Alat tersebut merupakan alat yang mengeluarkan pemancar sinyal listrik kecil yang dapat diimplankan pada kranial (tengkorak), khususnya pada bagian rahang yang bergusi. Selain itu juga, alat ini akan memancarkan impuls listrik yang dapat memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh bagian sistem syaraf yang disebut dengan sphenoalatine ganglion (SPG).

Comments