Inilah Cara Membuat Kartu Kredit BCA


Teknoobs.com - Apa itu kartu kredit? Kartu kredit memungkinkan Anda meminjam uang dari bank untuk melakukan pembelian, baik Anda membeli burger atau tiket pulang-pergi ke luar negeri.

Selama anda membayar kembali uang yang Anda pinjam dalam “masa tenggang” 24-30 hari, anda tidak perlu membayar ekstra dari uang yang telah dipinjam.

Jika anda tidak membayarnya kembali dalam periode waktu tersebut, anda harus membayar bunga - persentase dari uang yang anda miliki di bank - di atas apa yang anda pinjam.

Kartu kredit telah menjadi alat kehidupan yang penting. Mereka dapat digunakan untuk melakukan pembelian jika anda tidak memiliki uang tunai, atau untuk membeli sesuatu dari penjual jarak jauh tanpa harus menunggu pemeriksaan fisik untuk dikirimkan.

Jika anda mencoba memutuskan apakah akan mendapatkan kartu kredit atau benar-benar memutusnya, pertimbangkan pro dan kontra dan putuskan apakah Anda benar-benar membutuhkan kartu kredit.

Apa Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit? 


Mereka sangat nyaman digunakan. Mayoritas bisnis menerima kartu kredit, yang berarti anda tidak perlu mampir ke ATM untuk menarik uang tunai sebelum keluar.

Ingatlah bahwa beberapa tempat mungkin tidak memungkinkan anda memberi tip melalui kartu kredit.

Anda memiliki lebih banyak opsi pembelian melalui telepon, internet, atau secara langsung. Jika Anda hanya memiliki uang tunai, Anda terbatas pada pembelian langsung kecuali Anda membeli wesel.

Pilihan yang Anda miliki juga berarti Anda dapat dengan cepat membayar dengan kartu Anda dan berada di jalan Anda.

1. Bayar Seiring Waktu


Anda mampu untuk melunasi saldo anda selama periode waktu tertentu. Merupakan praktik yang baik untuk membayar saldo kartu kredit anda secara penuh setiap periode penagihan untuk menghindari biaya dan bunga.

Pengecualian adalah dengan kartu kredit, yang mengharuskan anda membayar penuh untuk menjaga agar kartu anda tetap bereputasi baik.

Melakukan pembayaran dari waktu ke waktu dapat bermanfaat jika Anda membutuhkan barang atau jasa segera, tetapi tidak memiliki uang tunai pada saat itu.

2. Hadiah untuk Penggunaan


Beberapa kartu memberi Anda kemampuan untuk mendapatkan hadiah yang dapat digunakan untuk uang tunai, kartu hadiah, miles, atau barang dagangan lainnya.

Semakin banyak Anda menggunakan kartu kredit Anda, semakin banyak hadiah yang Anda peroleh. Anda dapat menebus hadiah saat Anda pergi atau menyimpannya.

3. Tingkat Pendahuluan Rendah


Banyak kartu kredit datang dengan bunga 0% untuk pembelian dan transfer saldo untuk periode pengantar setidaknya enam bulan.

Ini memberi Anda kemampuan untuk menggunakan kartu Anda pada awalnya dan melunasi saldo Anda dari waktu ke waktu tanpa menimbulkan bunga.

4. Fitur keamanan


Kartu kredit lebih aman daripada metode pengecekan tradisional. Jika seseorang mendapatkan akses ke akun giro Anda, mereka memiliki kemampuan untuk mengurasnya.

Anda kemudian harus menunggu bank memproses laporan penipuan Anda dan mengganti dana.

Jika kartu kredit Anda dicuri, Anda harus menunggu penerbit kartu untuk membereskan penipuan, tetapi Anda tidak akan dibersihkan dalam proses.

5. Kesalahan Penagihan yang Dapat Disengketakan


Hak untuk menahan pembayaran untuk kesalahan penagihan (selama Anda membantah secara tertulis).

Ketika ada sebuah kesalahan pada pernyataan anda, tentunya anda memiliki hak untuk membantahnya dengan penerbit kartu kredit.

Sementara itu, anda tidak perlu membayar pembelian itu kecuali penyelidikan penerbit kartu kredit menemukan bukti yang bertentangan dengan anda.


Apa Kekurangan Dari Kartu Kredit?


Dengan semua manfaat yang datang bersama dengan menggunakannya, ada beberapa kelemahan menggunakan kartu kredit yang dapat menghalangi Anda untuk menggunakannya.

Kartu kredit memperpanjang daya beli Anda dengan memberi Anda batas kredit. Batas ini memberi anda ilusi bahwa Anda memiliki lebih banyak uang daripada yang sebenarnya Anda lakukan karena Anda dapat membelanjakan uang yang belum Anda miliki, dan mungkin tidak mendapatkan.

1. Penghasilan Masa Depan Anda Dikurangi


Penghasilan Anda di masa depan berkurang setiap kali Anda menggunakan kartu kredit - atau bentuk hutang lainnya - karena Anda meminjam uang yang tidak Anda miliki.

Sebagian dari penghasilan Anda di masa depan harus digunakan untuk membayar saldo kartu kredit Anda jika Anda ingin melindungi kredit Anda.

Semakin banyak hutang Anda, semakin sulit untuk melunasinya, atau bahkan membayar utang Anda.

Terus menggunakan kartu Anda sambil melakukan pembayaran minimum meningkatkan utang Anda dan mengurangi penghasilan Anda di masa depan.

2. Bunga Kartu Kredit, Biaya, dan Identitas

Tergantung pada tingkat kartu kredit Anda dan bagaimana Anda menggunakannya, kartu kredit dapat dikenakan biaya ratusan dolar selama setahun.

Memahami cara kerja bunga majemuk dan mengetahui periode penagihan Anda dapat membantu Anda mengoordinasikan pembayaran, dan menghindari biaya atau meningkatkan saldo.

Anda akan dikenakan biaya untuk melakukan pembayaran yang terlambat. Biaya bertambah dengan cepat, dan ditambahkan ke saldo Anda. Ini berarti biaya Anda kemudian dibebankan bunga.

Memiliki kartu kredit akan menempatkan anda pada risiko penipuan kartu kredit. Pencuri tidak perlu mencuri kartu Anda untuk mendapatkan informasi Anda.

Mereka dapat meretas ke dalam jaringan informasi perusahaan dan mencuri informasi pribadi dari ribuan pelanggan, kemudian menggunakannya untuk melakukan pembelian yang curang.

3. Hutang dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan


Anda membuat lebih banyak utang setiap kali Anda menggunakan kartu kredit Anda. Anda dapat menjaga agar utang tidak bertambah dengan melunasi saldo Anda setiap bulan — tetapi jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum dan terus melakukan pembelian, utang Anda akan tumbuh dengan cepat.

Skor kredit Anda terkait langsung dengan cara Anda menggunakan kartu kredit Anda. Jika Anda menjalankan saldo kartu besar dan membayar kartu kredit Anda terlambat, skor kredit Anda akan mulai turun.

Skor kredit yang rendah memengaruhi lebih dari sekadar kemampuan Anda untuk membeli produk dan layanan — skor yang rendah dapat memengaruhi kehidupan profesional Anda juga.

Baca juga: Cara Mudah Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online (DKI Jakarta)

Cara Membuat Kartu Kredit BCA


Setelah anda melihat kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit diatas, mestinya anda sudah mengetahui apakah anda perlu atau tidak untuk memiliki sebuah kartu kredit.

Adapun beberapa bank yang cukup ternama di Indonesia yang menawarkan fasilitas kartu kredit ini, salah satunya yaitu bank BCA.

Jika anda ingin membuat atau mengajukan sebuah kartu kredit dari BCA, ada beberapa hal yang mesti anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Slip gaji / SPT / Surat Keterangan Penghasilan dari Perusahaan
  • Fotokopi Rekening Koran / Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir

Jika semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap, anda bisa mengajukan kartu kredit via online di website resmi BCA ataupun anda bisa langsung datang ke gerai ATM BCA.

Jika dilihat dari beberapa pengalaman, pengajuan yang paling efektif adalah langsung datang ke gerai BCA.

Anda akan diberikan formulir oleh pegawai BCA yang nantinya akan anda isikan biodata lengkap anda.

Jika telah mengisi semua formulir yang diberikan, anda tinggal duduk manis dirumah menunggu kartu kredit tersebut, jika tak kunjung ada kabar dari pengajuan kartu kredit tersebut, anda bisa juga menanyakan status pengajuan tersebut kepada pihak BCA.

Begitulah cara membuat kartu kredit BCA, mudah bukan?

Baca juga: Rekomendasi Merk Laptop Gaming Murah Yang Berkualitas

Comments