Kenali Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Gagal Jantung

gagal-jantung

Teknoobs.com - Pengertian Gagal Jantung Dalam istilah medis, masalah gagal jantung itu disebut dengan gagal jantung kongestif (CHF) berupa sebuah kondisi dimana otot jantung tidak dapat memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa istilah gagal jantung itu mengalami kegagalan jantung secara keseluruhan.

Dengan kata lain, kondisi gagal jantung ini hanya akan membuat kinerja jantung menjadi tidak maksimal ketika memompa darah ke seluruh tubuh.

Seperti halnya perputaran aliran darah melalui jantung dan tubuh dengan lebih lambat, yang bisa memicu adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah.

Akibatnya, maka pembuluh darah akan mendorong cairannya ke jaringan tubuh lainnya sehingga terjadi penumpukan di organ paru-paru, hati, tangan, kaki, dan saluran pencernaan.

Terdapat 2 jenis umum pada gagal jantung, yakni gagal jantung sistolik dan gagal jantung diastolik. Jenis gagal jantung sistolik ini merupakan kondisi, dimana otot jantung tidak mampu lagi memompa untuk mengeluarkan darah dengan baik.

Sedangkan jenis gagal jantung diastolik merupakan kondisi, dimana otot jantung menjadi kaku dan tidak bisa menerima darah dengan mudah.

Pada kedua kasus tersebut, maka kegiatan pemompaan di jantung menjadi tidak efektif lagi. Selain itu, masalah gagal jantung juga bisa mempengaruhi bilik kiri atau kanan jantung.

Namun, pada umumnya masalah gagal jantung ini kerap menyerang kedua biliknya.

Tanda-tanda Atau Gejala Gagal Jantung


Pusing yang tidak bisa dijelaskan, kelelahan, dan tubuh menjadi lelah karena kekurangan oksigen dan sirkulasi nutrisi di organ serta otot.

Penyimpanan cairan dan air karena kurangnya pasokan darah ke ginjal, sehingga bisa memicu terjadinya pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan area perut.

Berkurangnya nafsu makan yang disertai rasa mual, dan meningkatnya berat badan dengan cepat.

Paru-paru sesak ditandai dengan nafas pendek atau kesulitan bernafas saat tidur, disertai batuk kering dan mengi.

Detak jantung menjadi lebih cepat, yang menandakan bahwa jantung dipaksa kerja lebih keras.

Rasa nyeri di bagian dada yang menandakan adanya permasalahan pada jantung, seperti serangan jantung.

Penyebab Gagal Jantung Karena Penyakit Tertentu


Penyakit arteri koroner (CAD), yang menyebabkan arteri pembawa darah menjadi tersumbat atau menyempit.

Serangan jantung, ketika arteri koronaria tersumbat maka darah yang mengalir ke otot jantung akan terhenti, sehingga menyebabkan kerusakan fisik pada otot jantung.

Kardiomiopati, berupa kerusakan pada otot jantung yang disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, merokok, konsumsi minuman alcohol, dan faktor lain yang tidak berhubungan dengan aliran darah.

Hipertirodistis, memaksa jantung kerja lebih keraas karena adanya penyakit tertentu seperti ginjal, tiroid, dan diabetes.

Hipertensi alias tekanan darah tinggi akan meningkatkan beban kerja jantung, sehingga lama-kelamaan akan merusak serta melemahkan otot jantung dan berakhir gagal jantung.

Aritmia, dimana detak jantung tidak normal sehingga akan membuat kerja jantung lebih keras saat memompa darah ke organ tubuh.

Selain disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut, masalah gagal jantung juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi makanan tinggi garam secara berlebihan, dan jarang berolahraga.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Pencegahan Gagal Jantung


  • Hindari merokok dan konsumsi minuman beralkohol
  • Berolahraga secara rutin dan teratur
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari makanan berlemak dan tinggi garam. 

Pengobatan Alami Untuk Meredakan Gejalanya


1. Daun Sirsak


Cara mengobati gagal jantung alami yang pertama adalah dengan menggunakan daun sirsak. Buah sirsak berasal dari keluarga Annonaceae.

Selain dagingnya, ternyata daun sirsak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Morfologi daun sirsak berbentuk bulat telur (ovatus) agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua, sementara pada bagian bawahnya memiliki warna lebih muda.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, daun sirsak ini bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati gagal jantung.

Khasiat daun sirsak sebagai obat jantung ini telah dikaji secara ilmiah oleh beberapa ahli. Dimana, ekstrak etanol pada sirsak sangat berkontribusi terhadap melemahnya aktivitas vasodilatasi (pelebaran diameter pembuluh darah yang terjadi saat otot-otot di dinding pembuluh darah mengendur/rileks).

Selain itu, daun sirsak ini juga mengandung senyawa acetogenins annonaceous, alkolid dan senyawa fenolik yang memiliki sifat farmakologis serbaguna, terutama anti-inflamasi dan antikanker. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Bahan – Bahan:

  • 10 lembar daun sirsak tua
  • Air bersih 300 ml

Cara Membuat:


  • Pertama cuci bersih daun sirsak

  • Lalu rebus daun sirsak dalam air bersih sebanyak 300 ml dengan api sedang selama kurang lebih 15 menit

  • Setelah itu saring hasil rebusan ke dalam gelas. Anda bisa langsung minuman ini saat kondisi hangat. Ramuan ini bisa digunakan untuk 2-3 kali rebusan. Anda bisa meminumnya sehari sekali di pagi hari saja.

2. Bawang Putih


Obat alami gagal jantung selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Tanam ini pada umumnya berkembang biak menggunakan umbi lapis (bulbus). Umbi lapis ini adalah penjelmaan batang beserta daunnya.

Umbi lapis memperlihatkan susunan yang berlapis-lapis, yakni terdiri atau daun-daun yang telah menjadi tebal, lunak, berdaging dan menyimpan cadangan makanan.

Selain itu, bawang putih ini juga satu marga dengan bawang merah (Allium cepa). Bawang putih ini tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30-75 cm, memiliki batang semu yang berbentuk dari pelepah-pelepah daun.

Perlu diketahui bahwa bawang putih yang masih segar mengandung hidrogen sulfida. Walaupun gas ini dalam jumlah berlebih dapat menjadi racun, namun dalam jumlah kecil berfungsi sebagai bahan pelindung intraseluler dalam jantung.

Nah, pemberian ekstrak umbi bawang dayak dengan dosis 200 mg/KgBB memiliki pengaruh dalam penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, namun tidak pada kolesterol HDL. Berikut cara membuat ramuan bawang putih untuk mengobati gagal jantung.

Bahan – Bahan:

  • 1 siung bawang putih
  • ½ gelas air matang

Cara Membuat:

  • Langkah pertama, memarkan bawang putih
  • Lalu haluskan dengan blender bersama ½ gelas air matang
  • Kemudian minum beserta ampasnya sehari sekali

3. Mengonsumsi Beras merah


Cara mengobati gagal jantung secara alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi beras/nasi merah.

Walaupun memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang cenderung lebih hambar, namun beras merah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Beras merah ini mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Sehingga kedua zat ini bisa membantu untuk membersihkan plak yang terkumpul di arteri dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 3 cara mengobati gagal jantung secara alami semoga ada guna dan manfaatnya.

Baca juga: Ucapan Belasungkawa atau Ucapan Duka Cita untuk Seseorang yang Meninggal

Comments