Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman ke Bank BRI dengan Mudah


Teknoobs.com - Keadaan ekonomi yang seringkali tidak stabil menyebabkan banyak orang memanfaatkan pinjaman tunai yang ditawarkan pihak Bank.

Ada banyak hal yang bisa mendorong seseorang mengajukan pinjaman secara tunai ke Bank seperti membayar rumah atau cicilan kendaraan pribadi, biaya pendidikan, hingga secara tiba tiba mengalami gangguan kesehatan.

Mengajukan pinjaman uang tunai ke Bank juga dirasa jauh lebih aman jika dibandingkan dengan meminjam kepada teman atau penyedia pinjaman yang tidak terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu mengajukan pinjaman ke Bank juga jauh lebih fleksibel dan tidak terbatas.

Bank BRI adalah salah satu Bank yang menjadi primadona nasabah saat ingin mengajukan pinjaman, sehingga tidak heran jika Bank BRI memiliki jumlah nasabah dari segala pelosok negeri.

Salah satu daya tarik Bank BRI sehingga menjadikannya sebagai primadona para nasabah saat ingin mengajukan pinjaman uang adalah karena dinilai lebih mudah dan dekat.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu dari sekian banyak produk pinjaman Bank BRI yang paling banyak dikenal masyarakat.

Tetapi selain KUR, Bank pelat merah ini juga memiliki produk pinjaman lainnya yang harus masyarakat kenal supaya nantinya bisa memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan  kebutuhan.

Seringkali kebutuhan finansial seseorang tidak bisa menunggu, supaya uang bisa berputar, maka harus diajukannya pinjaman.

Seringkali seseorang memiliki kebutuhan finansiak tidak hanya untuk usaha saja, tetapi adanya kebutuhan yang lain seperti untuk membeli rumah dan mobil yang juga membutuhkan pinjaman dari Bank.

Pastinya semua Bank di Indonesia memiliki syarat tersendiri bagi setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman uang, terlebih lagi dalam jumlah yang besar.

Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan satu diantara Bank yang menawarkan pinjaman uang baik dalam skala kecil ataupun besar.

Sebenarnya bukan hal yang sulit saat Anda ingin mengajukan pinjaman sejumlah uang tertentu di Bank BRI. Meski begitu adanya beberapa hal yang harus disiapkan saat akan mengajukan pinjaman sejumlah uang di BRI.

Pastinya selain mempersiapkan segala persayaratan yang dibutuhkan, Anda juga harus mengetahui cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI dalam jumlah yang besar.

Sebenarnya syarat dan cara untuk mendapatkan pinjaman uang dari Bank BRI itu sangatlah mudah. Anda hanya perlu pergi ke kantor cabang Bank BRI terdekat dari lingkungan tempat tinggalmu.

Sedangkan syarat untuk mengajukannya terbagi atas dua jenis yaitu syarat umum yang berlaku untuk semua jenis pinjaman Bank BRI, dan juga syarat khusus yang hanya berlaku bagi sebagian jenis pinjaman Bank BRI saja.

Tetapi secara umum adanya beberapa persyaratan yang harus disiapkan sebelum mengajukan pinjaman tunai ke Bank BRI. Berikut dibawah ini beberapa persayaratan yang harus disiapkan diantaranya yaitu:

  1. Fotokopi identitas diri berupa KTP atau Kartu Tanda Penduduk.
  2. Fotokopi NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.
  3. Bagi mereka yang statusnya sebagai karyawan harus menyiapkan Surat Keterangan Penghasilan atau slip gaji.
  4. Bagi mereka yang berstatus sebagai wiraswasta, siapkan fotokopi SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.
  5. Siapkan fotokopi kartu kredit.
  6. Dan formulir aplikasi yang berisi tentang data diri yang benar. 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Selain persyaratan administrasi yang sudah disebutkan diatas, para calon debitur juga harus memperhatikan beberapa aturan yang tidak tertulis seperti dapat memenuhi standar penghasilan dan menyesuaikannya dengan kemampuan membayar nantinya.

Hal tersebut tentunya supaya Anda terhindar dari kesulitan dikemudian hari saat tidak mampu membayar.

Lalu bagaimana cara untuk mengajukan pinjaman uang tunai di bank BRI? Sebenarnya untuk melakukan pinjaman uang tunai di Bank BRI ini, ada beberapa langkah yang harus ditempuh seperti :
Mengisi dengan lengkap dan benar formulir data diri.

Hindari mengisi data yang tidak sesuai dengan diri, karena hal tersebut akan membuat terhambatnya proses pinjaman uang yang Anda ajukan, terlebih lagi saat formulir diverifikasi oleh pihak Bank.

Status Anda harus sebagai WNI atau Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Selain itu juga pastikan jika Anda sudah berada pada usia yang disyaratkan.

Supaya terhindar dari penolakan dalam pengajuan pinjaman dana tunai, Anda harus memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan oleh pihak Bank.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan mengajukan pinjaman uang ke BRI adalah memilih cabang BRI yang secara geografis tidak akan merepotkan. Setelah itu datangi langsung Bank tersebut, lalu Anda akan diarahkan ke bagian kredit.

Kemudian bagian kredit akan bertanya kepada Anda tentang tujuan mengajukan pinjaman, lalu Anda akan diminta untuk menyerahkan berkas berkas persyaratan yang diperlukan.

Pihak Bank membutuhkan waktu untuk menganalisis kelayakan Anda, sehingga pihak Bank akan meminta Anda untuk menunggu beberapa hari hingga nanti akan dihubungi lagi untuk memberitahu apakah pengajuan kreditmu disetujui atau ditolak. Bagaimana mudah kan?

BRIGuna Karya dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu solusi dari pinjaman uang tunai yang bisa Anda manfaatkan.

Proses pengajuannya juga bisa dibilang mudah karena Anda hanya perlu mendatangi langsung kantor cabang Bank BRI terdekat lalu melengkapi persyaratan yang ada.

BRIGuna Karya sendiri merupakan fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan dari Bank BRI yang diberikan kepada para calon debitur atau kreditur dengan sumber pembayaran yang berasal dari gaji atau sumber penghasilan tetap per bulan.

Anda juga bisa menggunakan produk BRIGuna ini untuk membiayai berbagai keperluan nasabah, mulai dari keperluan yang produktif hingga yang non produktif seperti membeli barang bergerak atau tidak bergerak, memperbaiki rumah, keperluan sekolah atau kuliah, pengobatan, pernikahan, dan yang lainnya.

BRIGuna tidak hanya mudah dan cepat saja proses pengajuannya tetapi juga menawarkan beragam keuntungan yang dapat dimanfaatkan seperti suku bunga pinjaman rendah, ringan cicilannya dengan angsuran tetap, dan limit kredit yang tidak terbatas.

Selain itu juga para debitur bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan promo dari program menarik pada kegiatan kegiatan tertentu.

Bisa didapatkan juga perlindungan asuransi jiwa tanpa Medical Check Up hingga Rp. 500 juta yang diberikan kepada mereka yang mengajukan BRIGuna Karya dari Bank BRI.

Apabila adanya debitur yang meninggal dunia, maka pihak asuransi akan menutupi pinjamanannya. Sedangkan jika adanya debitur mutasi kerja ke daerah lain, maka mereka tidak diwajibkan untuk melunasi pinjamannya.

Selain BRIGuna masih ada produk pinjaman uang tunai lainnya dari Bank BRi seperti BRIGuna Umum, BRIGuna Purna, dan BRIGuna Pendidikan yang bisa dimanfaatkan.

Itulah penjelasan tentang syarat dan cara mengajukan pinjaman ke Bank BRI, serta rekomendasi salah satu jenis produknya yang dapat dimanfaatkan.

Dengan mengetahui syarat dan cara meminjamnya, diharapkan pengajuan kredit di BRI yang akan Anda lakukan nanti dapat disetujui.

Comments