Rekomendasi Bisnis Sampingan, Dijamin Anti-Gabut!

 

rekomendasi-bisnis-sampingan

teknoobs.com - Di era yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, tampaknya kita harus lebih gesit lagi dalam mencari uang. Pasalnya, untuk mendapatkan kesuksesan itu tidak bisa diraih dengan cara yang instant. Tak hanya itu, kita juga harus pintar-pintar dalam memanfaatkan waktu luang dengan memulai bisnis sampingan. Lantas, bisnis sampingan seperti apakah yang harus dilakukan? Nah, bagi kamu yang bingung nyari bisnis sampingan, berikut dibawah ini ada rekomendasinya. 

1. Membuka Fotocopy

Bisnis sampingan pertama yang direkomendasikan untuk kamu, yakni membuka usaha fotocopy. Apalagi jika posisi rumahmu itu tepat persis di area kampus, sekolahan, perkantoran, dan pemerintahan. Pasalnya, area tersebut merupakan tempat yang paling strategis untuk membuka usaha fotocopy. Agar penghasilannya lebih besar lagi, maka kamu harus menyediakan jasa laminating, jilid, atk, peralatan tulis menulis, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyediakan jaringan internet agar para konsumen bisa mencari informasi tambahan yang berkaitan dengan kebutuhannya. 

2. Membuka Kuliner Aneka Gorengan

Jangan pernah menganggap enteng jenis usaha yang satu ini. Pasalnya, usaha gorengan dapat memberikan hasil yang cukup menggiurkan lho. Hal itu pun terbukti, dimana tak sedikit para pengusaha gorengan yang sukses. Bahkan, ada pula sebagian dari mereka yang sampai membuka franchice. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa gorengan sangat disukai oleh semua kalangan, mulai dari kalangan anak hingga orang tua, entah itu laki-laki maupun wanita. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika bisnis gorengan ini tidak pernah sepi dari konsumen. Terlebih saat bulan Ramadhan tiba, dimana hampir sebagian besar masyarakatnya selalu mencari gorengan sebagai menu takjil. Jika kamu memang suka berinovasi, maka kamu bisa membuat aneka gorengan yang berbeda dengan gorengan pada umumnya. Misalkan saja seperti sandwich goreng, burger goreng, kebab goreng, dan gorengan unik lainnya. Dengan membuat gorengan yang unik, maka bukan tidak mungkin jika bisnis sampinganmu ini akan berkembang dalam waktu singkat. 

3. Menjual Makanan Cepat Saji

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kehidupan di era yang modern ini sebagian besar masyarakatnya menyukai hal-hal yang serba instant. Ya, begitu pun dalam urusan makanan, dimana kebanyakan mereka gemar membeli makanan-makanan cepat saji. Terlebih jika kamu tinggal diperkotaan, yang dijamin bisnisnya akan langsung melesat dalam kurun beberapa bulan saja lho. Adapun mengenai beberapa jenis makanan cepat saji yang bisa kamu jual, mulai dari roti bakar, bubur, nasi kuning, nasi goreng, seblak, pempek, tahu bulat, dan lain sebagainya. 

4. Memproduksi Kerupuk Rumahan

Tak sedikit para pengusaha sukses yang berawal dari bisnis recehan, seperti halnya memproduksi kerupuk rumahan. Meski terbilang sebagai bisnis recehan, namun permintaan kerupuk akan selalu aktif pada setiap harinya. Dengan begitu, kamu pun bisa menghasilkan uang setiap hari meski dalam jumlah yang tidak banyak. Kendati kerupuk disukai oleh semua kalangan, namun kamu juga membutuhkan strategi dan marketing yang bagus untuk memasarkan produknya. Terdapat beberapa jenis kerupuk yang paling populer di pasaran, seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk jengkol, dan lain sebagainya. 

Agar usaha kerupuk yang kamu jalani ini berjalan lancar, ada baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dahulu. Dalam hal ini, cobalah untuk melakukan uji coba produk pada orang-orang terdekat. Jika kamu sudah yakin dengan produknya, maka buatlah aneka kerupuk lalu titipkan ke warung-warung terdekat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. 

5. Menjual Jajanan Anak-anak

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kegiatan jajan itu selalu erat kaitannya dengan anak-anak. Meski demikian, namun tidak sedikit juga orang-orang dewasa yang gemar membeli jajanan anak-anak lho. Ada beberapa jenis jajanan anak-anak yang bisa kamu jual seperti cilok, cilor, seblak, macaroni telur, telur gulung, keripik singkong, dan masih banyak lagi. 

6. Membuka Jasa Foto Editor

Meski sekarang ini produk-produk gadget sudah memiliki kamera canggih yang dilengkapi dengan fitur editing, ternyata jasa foto editor juga masih banyak diminati. Terlebih bagi kamu yang memiliki kenalan seorang fotografer, yang tentu saja akan sangat menunjang dalam memulai usaha sampingan yang satu ini. Jika keuntungannya ingin lebih besar, tentunya kamu sendirilah yang harus menjadi fotografernya. 

7. Membuka Jasa Pembuatan Kartu Undangan Pernikahan dan Kartu Nama

Apabila kamu memang mahir dalam bidang software photoshop maupun corel draw, maka kamu harus memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuka jasa pembuatan kartu undangan pernikahan atau kartu nama. Bahkan, bisnis ini bisa langsung dilakukan hanya bermodalkan sebuah laptop dan printer  saja. Untuk pemasarannya, kamu harus melakukan promosi mulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu. Dengan begitu, maka usahamu ini akan terus menyebar dari satu mulut ke mulut lainnya. Tak hanya itu, kamu pun bisa memanfaatkan berbagai media sosial sebagai sarana promosi, seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan sebagainya. 

8. Membuka Jasa Percetakan

Selain jasa pembuatan kartu undangan pernikahan, jasa percekatan juga merupakan salah satu bisnis sampingan yang tentunya harus kamu coba. Jasa percetakan ini meliputi sablon, spanduk, papan reklame, dan lain sebagainya. Terlebih untuk bidang sablon, yang memang selalu kebanjiran order menjelang pilpres, pilkada, dan acara-acara besar lainnya. Jika kamu hanya memiliki modal terbatas, sebaikya kamu membuka jasa sablon manual. 

9. Menjadi Interior Desainer Atau House Desainer

Jika kamu memiliki bakat dalam bidang desain perumahan, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjadi seorang interior desainer atau house desainer. Pasalnya, kebutuhan masyarakat dalam membangun rumah selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut juga tidak terlepas dari jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan. Maka dari itu, kamu harus mulai mencoba untuk membuka jasa interior desain atau jasa gambar rumah. Meski orderannya tidak selalu ada setiap bulan, namun sekalinya dapat orderan kamu bisa langsung meraup keuntungan besar lho. 

10. Menjual Souvenir Pernikahan

Jenis bisnis sampingan berikutnya yang mungkin bisa kamu coba, yakni menjual souvenir pernikahan. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap pasangan calon pengantin pasti ingin mengadakan pesta pernikahan yang meriah. Pada umumnya, para calon pengantin yang hendak mengadakan acara pesta pernikahan selalu berbelanja berbagai jenis souvenir untuk para tamu undangan. 

Tak hanya itu, biasanya musim pengantin juga kerap terjadi pada bulan-bulan tertentu. Tentu saja kamu harus memanfaatkan momen tersebut dengan menjual souvenir pernikahan. Adapun mengenai beberapa tips dalam memulai bisnis souvenir pernikahan seperti berikut:

  • Kamu harus mencari souvenir yang unik dan menarik, namun harganya murah

  • Membuat souvenir yang bermanfaat

  • Mencari informasi sebanyak mungkin pada mereka yang sudah berpengalaman menjual souvenir.

Comments